Selasa, 30 Juni 2009

Status Kedudukan Orang Batak

Struktur Kedudukan Batak

Jabatan ( Pangkat)


1. Hula-Hula

Bila seorang laki-laki batak kawin dengan boru batak, maka marga dari pihak perempuan disebut Hula-hula.

2. Bona Tulang

Pihak dari marga orang tua perempuan, atau Hula-hula dari orang tua laki-laki kita, Setiap seorang anak hendak menikah, orang tua harus mengundang Bona Tulang, dan kalau orang tua kita meninggal maka pihak dari Bona Tulang lah yang akan memberikan Ulos Saput atau Ulos Tujung.

3. Bona Ni Ari

Sebutan untuk Marga dari Opung perempuan, atau marga dari orang tua perempuan bapak, dan di pesta pernikan dan kematian pihak marga ini harus di undang atau di panggil.

4. Tulang Rorobot

Sebutan untuk tulang dari orang tua perempuan kita, bila seorang anak menikah, tulang dari orang tua perempuan kita harus di panggil untuk menerima jambar. Dan Hubungan ikatan kekeluargaan dengan Tulang Rorobot putus kepada anak kita.

5. Hula-hula Haha Maranggi ( Hula-hula Anak Manjae)

Sebutan atau panggilan untuk marga dari hula-hula dari saudara laki-laki kita yang sudah menikah., contohnya ; marga dari istrinya abang atau adik.

6. Dongan Tubu

Sebutan atau panggilan untuk marga yang sama dengan marga kita, atau marga-marga dari satu rumpun atau satu Opung. Contohnya Sinurat dengan Haloho, Situngkir, Dolok Saribu, Sidebang, Nadapdap, Si Giro, Tambunan dan lain-lain adalah Dongan tubu dari Silahi Sabungan

7. Suhut

Sebutan atau panggilan ke marga yang melaksanakan Acara adat, contohnya bila Sinurat mengawin kan anak dengan marga Situmorang, maka marga Sinurat dan Situmorang adalah Suhut.

8. Par Boru

Pada satu upacara adapt batak, par boru adalah pekerja, yang termaksud parboru adalah marga dari suami ito-ito kita, marga dari suami itonya bapak atau itonya opung kita.

9. Bere

Adalah panggilan atau jabatan dari marga keturunan ito kita

10. Ibe Bere

Adalah panggilan untuk marga dari keturunan anaknya ito kita. Bila anaknya ito kita sudah bekeluarga maka anak dari anaknya ito kita tersebut adalah ibe bere kita.

11. Haha Maranggi

Panggilan untuk Saudara semarga Kaka beradik yang sudah menikah., sesuai urutan dari kedudukan opung dari yang paling tua sampai yang paling muda.

12. Na Mar Pariban

Sebutan untuk marga dari suami-suami saudara perempuan dari orang tua perempuan kita.

Bagi orang batak yang belum menikah, tidak ada jabatan yang diberikan kepada mereka dan mereka tidak dapat untuk mengikuti ritual adat, mereka hanya sebagai penonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar